Penyebab Epilepsi Serta Cara Mencegah dan Mengobatinya

Apakah istilah epilepsi sama artinya dengan ayan?

Apakah penyebab penyakit ini? 

Apakah penyakit ini dapat disembuhkan? 

Banyak hal yang perlu diketahui tentang epilepsi.

Epilepsi adalah penyakit saraf menahun yang menimbulkan serangan mendadak berulang-ulang tak beralasan. Kata epilepsi berasal dari bahasa Yunani yang artinya serangan.

Penyebab Epilepsi

Istilah epilepsi sama artinya dengan ayan. 

Definisi epilepsi yang benar adalah lepasnya muatan listrik yang berlebihan dan mendadak sehingga penerimaan dan pengiriman impuls dari dalam otak ke bagian lainnya terganggu.

Umumnya, epilepsi disebabkan oleh kerusakan otak saat proses kelahiran, pernah mengalami cedera di bagian kepala, pernah menderita radang selaput otak, menderita sakit tumor otak, terdapat kelainan pembuluh darah di otak, terdapat darah atau nanah membeku di otak, terjadi gangguan metabolisme tubuh, dan terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Penyebab epilepsi pada bayi sulit diketahui dengan jelas. 

Salah satu cara yang dianjurkan oleh dokter adalah dengan memperhatikan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh bayi sejak lahir. 

Orang tua sebaiknya wapada jika sering melihat bayinya melakukan gerakan-gerakan aneh berulang-ulang atau sering terkejut tanpa sebab yang jelas dan mengulanginya beberapa kali. 

Penyakit epilepsi bukanlah penyakit keturunan. Namun, pembawa sifat ini dapat diturunkan kepada generasi berikutnya.

Ada beberapa jenis penyakit epilepsi, yaitu epilepsi tonik klenik, absans parsial sederhana, parsial kompleks, atonik dan mioklonik.

Biasanya, anak yang mendapatkan serangan penyakit epilepsi akan mengalami kejang-kejang dengan mulut mengeluarkan busa. 

Peristiwa ini dapat membuat semua orang menjadi takut dan iba. Serangan penyakit epilepsi berlangsung dengan cepat. 

Apa yang harus dilakukan jika ada seseorang yang mendapat serangan penyakit epilepsi?

Pengobatan dan Pencegahan Epilepsi

Jika kalian menemukan penderita sakit epilepsi yag sedang terkena serangan, jangan memasukkan atau meletakkan apapun kedalam mulutnya, jangan memaksa membuka giginya yang terkatup rapat, jangan menahan gerakan kejang yang sedang terjadi, dan jangan membaringkannya di tempat tidur. 

Mengapa? 

Alasannya adalah sebagai berikut.

  • Meletakkan sesuatu atau benda di mulut penderita akan membuat tangan kita terluka atau dapat mematahkan gigi penderita.
  • Menahan gerakan kejang saat terjadi serangan akan membuat keadaan bertambah buruk. Karena penderita secara tidak sadar dan tidak sengaja akan mendorong kita. Akibatnya, kita dapat terluka karena tenaga dorongan yang diberikan oleh penderita besar sekali.
  • Membarigkan penderita yang mendapat serangan mendadak bukanlah hal yang mudah. Sebaiknya, lindungi kepala penderita tersebut dengan benda lunak yang cukup tebal agar tidak terluka.
Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan jika penderita epilepsi mendapat serangan mendadak.
  • Hindarkan dari benda tajam yang berpotensi dapat melukai dirinya.
  • Kendurkan pakaian di daerah leher dan ikat pinggangnya.
  • Jika serangan telah berakhir, periksakanlah keadaan penderita dan bawalah segera ke rumah sakit atau dokter.