Tiga Cara Punya Gedung Walet

Dalam budidaya walet, dikenal ada 3 cara agar seseorang dapat memiliki gedung walet. Gedung tersebut memang berinvestasi cukup besar sehingga orang yang terjun pada budidaya walet harus tergolong pemodal yang kuat. Bagaimana tidak, selain investasinya cukup besar, waktu pembudidayaannya pun relatif panjang.


1. Mengembangkan rumah penduduk menjadi gedung walet

Pada cara ini, peternak, pengusaha, atau investor membeli rumah penduduk yang sudah dihuni burung sriti. rumah tersebut kemudian dibangun atau dikurung sesuai desain dan konstruksi gedung walet, tetapi harus diperhatikan faktor keamanan dan sosial lingkungannya. 

Rumah yang lahannya cukup luas (lebih dari 300 meter persegi) dan letaknya di lokasi yang aman biasanya lebih diminati investor. Investor pasti tidak akan berminat bila ditawari rumah yang tidak terjamin keamanannya. 

Cara terbaik untuk mengamankan gedung walet tersebut adalah melakukan kerja sama dengan pemuda (karang taruna) dil lingkungan setempat.

2. Membeli gedung sriti atau walet

Pada cara ini, investor membeli gedung khusus budidaya walet yang sudah berisi puluhan atau ratusan sarang burung seriti. 

Bahkan ada sebagian investor membeli gedung yang sudah memproduksi 1-20 kg sarang walet. Dapat dipastikan harga gedung tersebut mencapai milyaran rupiah. 

Dengan membeli "Gedung Jadi" ini maka investor dapat menghitung waktu tercapainya titik impas (BEP/break event point). Investor tersebut pun harus sudah mengusaia sistem pemasaran sarang burung dimancanegara.

3. Membuat Gedung Sendiri

Cara ini dilakukan dengan membangun gedung sendiri. Hingga saat ini cara tersebut banyak dilakukan, baik yang belum maupun yang sudah memiliki satu atau lebih gedung walet. 

Gedung dibangun di sekitar gedung-gedung walet, dilintasan walet, atau di sentra walet mencari makanan. Tentu saja diharapkan gedung tersebut akan segera ditempati seriti atau walet untuk bersarang dan berkembang biak. 

Memang ada kalanya gedung dapat terisi hanya dalam waktu relatif singkat. Namun, ada juga yang hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun walet atau seriti tidak terpancing menghuni gedung tersebut.